Solusi Burung Peliharaan Terbaik Di Indonesia
Home » » Cara Membentuk Cengkok Burung Kenari

Cara Membentuk Cengkok Burung Kenari

Burung kenari adalah salah satu kelas di lomba burung kicauan di indonesia baik ajang Latber maupun ajang letpres bahkan ajang kontes atau event lomba burung yang di adakan pada saat ada hari-hari besar nasional maupun hari besar islam.

Para penghobi burung kicauan yang ada di Indonesia tidak pernah kesepian membawa burung kenari Gaconya di ajang lomba burung di daerah sekitar mereka, namun akhir-akhir ini banyak kenari mania yang merasakan kemunduran dari para penghobi burung kicauan yang membawah Gaco kenari mereka ke arena gantangan.


Hal demikian juga diungkapkan oleh salah seorang pemain kenari yang tinggal di Sidoarjo Mbah Bonjong " Sekarang pemain kenari sangat langkah di temui di setiap gantangan di wilayah Sidoarjo " Ungkapnya.



Hal itu di ungkapkan karena susahnya menyetel cengkok dari burung kenari yang akan di buat GACO untuk gantangan, " Kalau hanya mengandalkan durasi saja kenari kita tidak akan mendapatkan bendera koncer tanpa dibarengi dengan cengkok yang mewah seperti roll,tembakan dan suara kenari aslinya " Ungkap sang pemoles kenari XTC dari Bonjong BF tersebut.



Lanjutnya " kalau kita main durasi mah agak gampang tinggal jemur dan tenggar si gaco maka otot tenggorakanya akan kuat dan sang kenari akan mampu menyanyikan lagu dengan durasi panjang,namun membentuk cengkok itu yang susah karena berhubungan dengan karakter si burung kenari tersebut ". Pernyataan itu juga di amini oleh Om Susilo pembesut Kenari Doraemon dari KMS dia menyatakan hal senada dengan mbah bonjong.


Namun disini mbah bonjong memberikan beberapa tips agar Burung kenari bisa mengeluarkan suara cengkok dibarengi dengan durasi kerja dan gaya dari burung kenari tersebut.


Berikut beberapa cara yang biasa diterapkan Mbah Bonjong agar suara kenari mampu mengeluarkan cengkok yang istimewa.


- Jam 05.00 Wib Burung kenari di keluarkan atau di angin-anginkan

- Berikan Gambas / Oyong 2 hari sekali
- Sediakan batu bata sedikit disangkarnya untuk asinan walau sudah disediakan tulang sotong juga
- Mandikan dengan cara di pegang
- Jemur sampai pukul 09.00 wib lalu angin-anginkan 5 menit
- Masukan ke kandang Umbaran kalau punya kalau tidak punya masukan ke sangkar yang lebih besar
- Perdengarkan masteran suara burung kenari Roller
- Jam 15.00 wib angkat kenari dan masukan sangkar harianya
- Semprot setengah basah dan langsung kerodong sambil diputarkan masteran suara kenari


" InsyaAllah dengan kita langgeng perawatan tersebut cengkok,durasi,dan gaya Gaco kenari anda akan terlihat dengan cepat, Dan satu lagi metode ini sudah saya terapkan dan kenari saya tidak lama-lama kalau ngetem".


Demikian tips Agar burung kenari anda terbentuk cengkoknya.


Semoga Bermanfaat

Thanks for reading & sharing Forum Hobi Burung

Previous
« Prev Post