Belajar Ilmu Burung Indonesia Terpercaya

Manfaat Jagung dan Cara Memberikannya Pada Kenari

Selain mengkonsumsi biji-bijian, burung kenari sangat menyukai pakan buah dan sayuran. Pakan bijian sering dikonotasikan hanya berupa canary seed, milet, maupun jewawut. Jagung sebenarnya juga bijian, namun jarang dimanfaatkan sebagai pakan kenari.

Tidak semua kenari tertarik dan mau menyantap jagung muda yang ditawarkan kepadanya. Mungkin hal inilah yang membuat para kenarimania jarang memberikan jagung. Mereka lalu beranggapan bahwa jagung hanya cocok diberikan kepada burung paruh bengkok seperti nuri, kakatua, parkit, dan lovebird.


Jagung memang bukan pakan asli burung kenari di alam liar. Apalagi pakan ini memiliki lapisan-lapisan kulit yang cukup tebal. Namun dengan mengenalkan pakan jagung sejak dini, maka burung kenari akan menjadi terbiasa dan suka menyantapnya.




Apabila sudah terbiasa, maka banyak sekali manfaatnya bagi pertumbuhan dan perkembangan kenari muda. Bukan itu saja, kenari-kenari jawara lomba pun kerap diberi pakan jagung muda sebagai pakan tambahan dalam perawatan hariannya.


Hal ini menjadi bukti bahwa jagung bisa membantu membuat kenari tampil lebih maksimal. Manfaat lainnya adalah:

  1. Membantu memperlancar pencernaan burung.
  2. Membuat mata sehat, sehingga penglihatan lebih tajam.
  3. Kaya kalori dan vitamin.
  4. Kaya mineral.
  5. Mencegah anemia.
  6. Membuat bulu–bulu burung sehat dan kuat.
Karena tidak semua kenari terbiasa dengan pakan jagung, maka Anda perlu mempelajari trik berikut ini agar kenari tersebut mau mencoba dan mendapatkan manfaatnya.


  • Carilah jagung muda yang masih segar, lalu potong seperempatnya saja.
  • Sebelum diberikan kepada kenari, bagian buahnya dicacah-cacah dahulu menggunakan pisau.
  • Gantungkan di dalam sangkarnya untuk menarik perhatian burung.

Biasanya setelah melakukan trik ini, kenari akan tertarik dan mau menyantap jagungmuda yang sudah dicacah-cacah tersebut. Nantinya, setelah burung terbiasa, Anda tidak perlu lagi mencacah-cacah jagung tersebut, dan cukup menggantungkannya di dalam sangkar.

Semoga bermanfaat.
Share:

Definition List

Unordered List

Support