Solusi Burung Peliharaan Terbaik Di Indonesia
Home » » Mengenal Burung Jongkangan Coklat

Mengenal Burung Jongkangan Coklat

Mengenal Burung Jongkangan Coklat. Para penghobi burung tidak ada salahnya anda menjatuhkan pilihan untuk burung peliharaan anda kepada burung mungil yang bersuara merdu ini, Burung kecil ini bisa menirukan beberapa suara burung lain yang berada disekitar burung jongkangan.

Jongkangan/Cingcoang coklat (bahasa Latin: Brachypteryx leucophrys) adalah spesies burung dari keluarga Turdidae, dari genus Brachypteryx. Burung ini merupakan jenis burung pemakan siput, keong, tempayak, pupa kumban yang memiliki habitat di hutan perbukitan, pegunungan. tersebar pada ketinggian 900-1.900 m dpl.

Ciri-ciri yang mencolok pada burung ini adalah memiliki tubuh berukuran sangat kecil (11 cm). Ekor pendek. Kaki panjang. Alis mata pucat samar-samar. Lingkar mata kuning tua. Paruh besar.
Dewasa: Tubuh bagian atas coklat merah. Tubuh bagian bawah keputihan. Sisi tubuh coklat kuning tua. Dada berbintik-bintik. Betina: Tubuh bagian bawah lebih kuning tua.
Remaja: bercoret dan berbintik-bintik. Iris coklat muda, paruh hitam kecoklatan, kaki ungu kemerahjambuan. Pemalu, berdiam di semak bawah dan lantai hutan.


Burung kecil ini penyebaranya di beberapa daerah seperti : Himalaya, Cina selatan, Asia tenggara, Semenanjung Malaysia, Sumatera, Jawa, Sunda Kecil.

Cara merawat burung cingcoang coklat ini bisa anda baca di cara perawatan burung jongkangan coklat.
Cara membedakan jantan dan betina juga bisa anda baca di artikel kami di sini.

Burung kecil ini dalam perawatan harianya juga tergolong rumit, karena sehari-harinya burung ini memakan hewan kecil yang ada di alam sehingga dalam pembelajaran memberikan makan voer lumayan dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan extra. Baca juga cara melatih burung jongkangan makan voer.

Demikian saja pengenalan tentang burung Jongkangan coklat.

Semoga Bermanfaat.


Thanks for reading & sharing Forum Hobi Burung

Previous
« Prev Post