Solusi Burung Peliharaan Terbaik Di Indonesia
Home » » Ciri-Ciri Burung Sakit

Ciri-Ciri Burung Sakit

Bagi kita yang memang sudah lama memelihara burung kicau akan sangat senang sekali kalau burung yang kita pelihara dalam kondisi yang sehat serta rajin berkicau, sebagai pemilik akan merasa sangat bangga dengan tingkah laku burung kita yang selalu lincah dan riang gembira.

Namun perasaan senang dan gembira itu akan seketika berubah menjadi kesedihan di kala burung yang kita pelihara mengalami sakit dan tidak mau berkicau lagi, kita harus pintar dalam mengamati perilaku burung yang kita pelihara. Baca Juga artikel kami tentang Pertolongan pertama pada burung sakit.

Ciri-Ciri Burung Sakit

Deteksi penyakit lebih dini akan mengurangi resiko burung terserang penyakit bahkan kematian yang menyerang burung ocehan kita.

Simak cara mendeteksi penyakit dari kami melalui beberapa area vital pada burung kita di seperti di bawah ini : 

1. Mata

Pada mata keluar sekretum (cairan yang tidak normal atau tidak biasanya), berubah warna atau kecerahannya, sayu, mata dipejampejamkan, dan terjadi pembengkakan di sekitar mata.

2. Lubang hidung (nostrils)

Dari lubang hidung keluar ingus, sesuatu yang membeku sehingga menutupi nostril dan bersin-bersin atau membuka-buka paruhnya karena sesak nafas. Selain itu, bulu–bulu di sekitar nostril dan kepala pada umumnya kotor karena sering digaruk atau diusap.

3. Sayap dan bulu

Bulu tampak suram dan kusut, sayap lunglai (baik sebelah atau keduanya), perilaku menata bulu-bulu hilang atau tidak dilakukan.


4. Napsu atau perilaku makan

Napsu makan turun atau hilang, tidak pandai mematuk makanannya, dan berat badan menurun.

5. Keseimbangan

Burung tampak sempoyongan, tidak mampu atau sukar bertengger (biasanya burung ada di lantai kurungan), dan tidak suka bergerak (inaktif),

6. Sendi tulang

Pada sendi tulang terjadi pembengkakan dan berubah bentuk (deformitas, malformation).

7. Kebiasaan sehari-hari

Kebiasaan sehari-hari yang biasa dilakukan tidak dilakukan lagi, tidak suka mandi-mandi, tidak berkicau, suara kicauannya berubah, dan lain-lain.

8. Tubuh

Terdapat jendolan atau timbunan sesuatu masa di manapun pada tubuhnya.

Dari semuanya itu apabila Anda menemukan pendarahan dari manapun keluarnya adalah merupakan tanda keadan gawat darurat. Dengan demikian, Anda dianjurkan untuk segera mencari pertolongan dokter hewan. Untuk mendapatkan pertolongan sedini mungkin apabila Anda mendapatkan gejala-gejala tersebut sebaiknya cepat berkonsultasi kepada dokter hewan langganan Anda!

Apabila Anda membawa burung yang sakit tersebut kepada dokter hewan sebaiknya kurungan diselimuti kain atau kertas koran untuk mengurangi keadaan stres. Kurungannya sementara waktu tidak dibersihkan dahulu agar dokter dapat mengamati feces, tempat makan atau minum, dan sebagainya.

Thanks for reading & sharing Forum Hobi Burung

Previous
« Prev Post