Solusi Burung Peliharaan Terbaik Di Indonesia
Home » » Cara Muda Mengatasi Suara Serak Pada Burung Kenari

Cara Muda Mengatasi Suara Serak Pada Burung Kenari

Cara Muda Mengatasi Suara Serak Pada Burung KenariCara Mengatasi Suara Kenari Serak - Untuk mendapat suara atau nyanyian burung kenari yang merdu dan berkualitas adalah salah satu tujuan para pecinta kicauan namun tidak selamanya kenari yang di miliki anda atau yang sobat miliki mempunyai suara yang merdu dan keras melainkan memiliki suara serak atau putus putus dan bahkan sampai hilang. 

Tanda suara burung yang serak atau hilang bisa anda lihat ketika kenari berkicau suaranya terdengar tidak karuan dan jika terlihat parah biasanya burung hanya terngangah saja tanpa ada suara.



Tentunya bagi anda para pecinta kicauan khusus nya burung kenari jika menanggapi masalah seperti ini harap tenang dan sabar dalam mengatasi suara kenari serak tersebut. tidak sedikit masalah yang terdapat dalam dunia kicauan jadi mungkin ini hal yang maklum. Mungkin saja saat anda melatih kenari agar gacor atau mengeluarkan suara lantang anda melakukan nya dengan salah atau bisa jadi penyebab masalah suara pada kenari serak di karenakan perawatan yang salah.

Dan penyebab lain di antaranya adalah kenari terlalu gemuk, burung jarang di jemur, tenggorokan terkena infeksi dan lain sebagainya. ketika anda mengetahui penyebab masalah tersebut sobat langsung bisa mengatasi suara kenari serak dengan beberapa cara yang akan kami tunjukan, mungkin dengan cara ini suara burung kenari sobat dapat kembali mengeluarkan gacoran nya dengan merdu dan lantang. Tentunya dengan memiliki suara yang lantang dan merdu harga kenari juga akan memiliki nilai jual yang sangat tinggi pula.


Baik untuk lebih jelasnya kami akan memberikan informasi atau penjelasan secara detail kepada sobat kicauan yang mengalami masalah pada suara burung kesayangan sobat, berikut ulasan mengenai Cara mengatasi Suara kenari serak.

Tips Mengatasi Suara Kenari Serak



  • Pertama yang harus sobat lakukan adalah dengan melakukan penjemuran rutin  setiap hari, usahakan penjemuran secukupnya saja antara jam 07.00 sampai jam 09.00 pagi.
  • Usahakan kenari sobat jangan sampai ke gemukan, jika burung sobat mengalami kegemukan upayakan dengan mengurangi pemberian pakan EF seperti pemberian Kroto dan Telur Burung puyuh. Sebab jika kenari sobat kegemukan burung akan malas berkicau dan apabila berkicau suara yang di hasilkan akan mlempem alias jelek.
  • Lakukan terapi dengan menggunakan daun mengkudu Muda, saat sedang melaukakn proses terapi usahakan tambahkan salada dan buah apel.
  • Saat sobat sedang melakukan penyembuhan pada kenari usahakan burung jangan sobat berikan sayuran mentimun dan oyong. Karena sayuran tersebut mengandung getah yang dapat menyebabkan suara atau kicauan kenari semakin bertambah parah.
  • Kemudian saat mengatasi suara kenari serak selain memberikan canary seed sobat juga perlu dan sangat penting untuk memberikan niger seed, makanan ini berguna untuk membantu menghangatkan burung.
  • Stop pemberian air minum pada kenari dengan menggunakan air kran, usahakan pemberian air minum pada burung dengan menggunakan air matang atau air dalam bentuk kemasan. Air keran atau air mentah lainnya sangat tidak bagus untuk burung kenari.
  • Selanjutnya dalam proses penyembuhan usahakan kenari di krodong setiap malam guna burung merasa nyaman.

Tentunya dengan memiliki kenari yang setiap hari mengeluarkan gacoran yang merdu dan keras lantang akan membuat  sang pemilik memiliki rasa senang  tersendiri namun akan sangat di sayangkan bila tiba tiba suara burung kesayangan kita memiliki suara yang mlempem atau putus putus dan bahkan tidak bersuara.  

Maka dari itu guna menghindari suara kenari serak sangat di anjurkan kepada para sobat semua untuk melakukan perawatan yang baik.  Tidak hanya kenari, seperti burung lovebird dan murai batu pun membutuhkan perawatan yang sangat baik agar tidak mengalami masalah tersebut.


Setelah melakukan tips di atas mudah mudahan suara burung kenari sobat kembali ke gacoran semulanya dan tampil lebih prima. Untuk mendapat kan suara atau gacoran yang lebih panjang sobat bisa membacanya atau melihat tipsnya di artikel kami yang telah kami rangkum secara khusus untuk para sobat kicauan di Cara Ampuh Agar kenari Berkicau lebih lama.


Baca Juga (Cara Melatih Mental Kenari Agar Kuat dan Pemberani)


Demikian tips  mengenai  Cara Jitu Mengatasi Suara Kenari Serak yang mungkin bisa bermanfaat bagi sobat kicauan di manapun kalian berada, dan mudah mudahan bisa mengembalikan suara gacoran burung sobat kembali ke bentuk semula. Terima kasih dan pantau terus perkembangan artikel kami mengenai masalah masalah yang terjadi di dunia kicauan.

Thanks for reading & sharing Forum Hobi Burung

Previous
« Prev Post