Solusi Burung Peliharaan Terbaik Di Indonesia
Home » » Mengola Pakan Kenari Secara Sederhana

Mengola Pakan Kenari Secara Sederhana

Pakan termasuk salah satu faktor utama dalam perawatan burung kicauan. Pakan berkualitas dan diberikan secara konsisten akan membuat burung selalu sehat dan bugar.

Para pengemar kenari umumnya memberikan pakan jadi maupun pakan racikan sendiri. Namun pemberian pakan jangan sampai berlebihan, karena bisa membuat kenari rentan gemuk dan malas bunyi. Untuk mengatasinya, simak tips mengelola pakan kenari dengan peranti sederhana, agar burung lebih sehat dan rajin bunyi.

Di pasaran banyak dijual aneka pakan kenari yang terbuat dari campuran biji-bijian. Merek dan warnanya beragam. Anda mungkin sudah biasa memberikan pakan jadi tersebut untuk kenari di rumah. Namun banyak juga penggemar kenari yang meracik sendiri biji-bijian yang akan diberikan kepada burung, meski harus merogoh kocek lebih dalam.


Apapun yang dilakukan terhadap burung kesayangannya, itu merupakan bentuk tanggungjawab dan perhatian para kenarimania agar burung piaraannya tetap sehat dan rajin berkicau.

Pakan kenari yang ada di pasaran umumnya terdiri atas biji-bijian seperti canary seed, niger seed, oat, millet, dan sebagainya. Harga bahan-bahan tersebut relatif tidak mahal. Berbeda jika pakan kenari mengandung bijian tertentu seperti hempseed, poppyseed, dan rapeseed.

Tetapi dengan menggunakan peranti (peralatan) yang sederhana, kita pun bisa mengelola pakan kenari yang umum dijual di pasaran menjadi pakan berkualitas tinggi dan sangat manfaat, terutama agar burung tetap sehat dan makin rajin bunyi.

Peranti yang digunakan memang sederhana, bahkan sangat sederhana, karena hanya berupa bekas botol minuman plastik dan pisau / cutter. Silakan simak gambar di bawah ini.

Potong botol plastik menjadi dua bagian dengan bantuan pisau / cutter. Lalu, lubangi tutup botol dengan obeng atau mesin bor.

Setelah tutup botol dipasang ke tempatnya, masukkan pakan bijian ke dalam potongan botol bagian bawah. Lantas tuangkan air dingin ke dalamnya, dan diamkan selama sekitar 6 jam.

Selanjutnya pindahkan biji-bijian tersebut ke dalam potongan botol bagian atas, lalu tempatkan secara terbalik pada bagian botol yang lain.

Agar hasilnya makin baik, Anda perlu sering-sering melakukan pencucian atau perendaman dengan menggunakan air bersih. Caranya, tuangkan air ke dalam botol tersebut. Tutup botol yang telah dilubangi tadi akan membuang / mengalirkan sisa-sisa air ke dalam bak penampungan.

Jika rutin melakukan proses perendaman dan pencucian terhadap biji-bijian tersebut, maka dalam waktu yang tidak terlalu lama, biji-bijian akan merekah. Saat itulah, pakan bisa diangkat dan disaring dengan menggunakan saringan, selanjutnya diberikan kepada kenari kesayangan Anda.

Selain cara di atas, ada juga cara lain yang lebih mudah, yaitu merebus pakan bijian sebelum diberikan pada burung. Dalam hal ini, pakan bijian direbus dalam air mendidih selama 20 menit. Setelah itu pakan bijian diangkat, ditiriskan, dan setelah dingin bisa diberikan kepada burung.

Berbeda dari pakan bijian yang diberikan dalam bentuk masih mentah, pakan bijian yang sudah diproses memiliki kandungan nutrisi yang lebih lengkap dan penuh manfaat. Itu bisa membuat kenari lebih sehat, aktif, dan tambah rajin berbunyi.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Thanks for reading & sharing Forum Hobi Burung

Previous
« Prev Post