Solusi Burung Peliharaan Terbaik Di Indonesia
Home » » Racikan Pakan Untuk Penangkaran Lovebird

Racikan Pakan Untuk Penangkaran Lovebird

Beberapa penangkar burung kenari maupun lovebird lebih senang menyusun sendiri ransum yang diberikan kepada burung-burung induk. Selain menghemat biaya operasional, formula pakan hasil racikan sendiri ini juga memiliki kandungan gizi yang serasi dan seimbang, sehingga sangat mendukung produktivitas indukan.

Selama ini, istilah formula pakan lebih dikenal dalam peternakan ayam kampung, ayam pedaging (broiler), ayam petelur (layer), itik, dan puyuh. Dengan menggunakan beberapa bahan baku tertentu, mereka menyusun ransum untuk hewan ternaknya.


Adapun para penangkar burung kicauan, termasuk kenari dan lovebird, jarang sekali melakukan hal tersebut, meski sebenarnya sangat dimungkinkan. Para peternak lovebird, misalnya, cenderung hanya memberikan milet putih saja sebagai pakan utamanya, dan jarang disertai dengan pakan bijian yang lain.

Padahal milet saja belum cukup untuk memenuhi kebutuhan lovebird pada pada masa penjodohan, proses bertelur, maupun ketika sedang merawat anak-anaknya.

Hal serupa juga ditemukan pada sebagian besar peternak kenari. Mereka lebih suka membeli pakan jadi, bermerk, yang harganya tentu tidak murah. Kalau jumlah induk hanya 1-2 ekor saja, tentu harga pakan mahal tidak menjadi masalah. Namun kalau jumlah induk cukup banyak, lebih ekonomis jika meracik pakan sendiri.

Dari beberapa peternak lovebird dan kenari yang sudah berpengalaman, omkicau.com mendapatkan formula pakan yang bisa diterapkan dalam penangkaran kedua jenis burung tersebut.

Berikut ini formula pakan ternak untuk penangkaran burung lovebird.
  • 1,5 kg milet putih
  • 1/2 kg canari seed
  • 1/4 kg gabah bangkok atau bisa juga beras merah.
  • 1/4 kg milet merah
  • 1/4 kg kacang hijau
  • 1,5 ons biji bunga matahari / kwaci
Catatan:
  • Semua bahan diaduk sampai tercampur merata.
  • Komposisi di atas dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan.
Mohon diingat, kedua formula pakan tersebut hanya mencakup pakan bijian yang merupakan pakan utama untuk lovebird maupun kenari. Artinya, belum mencakup pakan tambahan / extra fooding (EF) seperti buah-buahan dan sayuran. Jadi, Anda tetap harus memberikan EF untuk induk lovebird dan kenari.

Semoga bermanfaat.

Thanks for reading & sharing Forum Hobi Burung

Previous
« Prev Post