Solusi Burung Peliharaan Terbaik Di Indonesia
Home » » Perawatan untuk Mendongkrak Birahi Lovebird

Perawatan untuk Mendongkrak Birahi Lovebird

Mengatur birahi menjadi kunci utama dalam perawatan lovebird agar tetap rajin bunyi setiap harinya. Perawatan yang dilakukan cukup beragam, mulai dari pemberian pakan yang tepat sampai memperhatikan beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kondisi birahinya. Berikut ini tips perawatan untuk mendongkrak birahi lovebird.

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kerajinan bunyi pada lovebird adalah pemberian pakan secara tepat. Pemberian pakan yang tepat dapat membantu menaikkan birahi lovebird secara cepat. Beberapa jenis pakan yang cepat meningkatkan birahi lovebird antara lain:
  • Milet
  • Biji bunga matahari (kuaci)
  • Buah kenari (diambil bijinya saja)
  • Kangkung
  • Sawi putih
  • Jagung muda
  • Maxi Vit
Sekali lagi, pakan hanyalah salah satu faktor yang bisa mendongkrak birahi lovebird. Masih banyak faktor lain yang tak boleh diabaikan, antara lain:
1. Menjaga kebersihan sangkar
Sangkar yang selalu terjaga kebersihannya akan membuat lovebird relatif terhindar dari berbagai agen penyakit yang bisa mengganggu penampilannya, entah itu bakteri, virus, jamur, parasit, dan sebagainya.
Untuk menjaga kondisi tersebut, sangkar sebaiknya dibersihkan setiap hari (pagi dan sore), terutama pada waktu burung dimandikan dan saat akan dimasukkan ke dalam ruangan / rumah untuk diistirahatkan.
Perhatikan juga kebersihan air minumnya. Pasalnya, lovebird yang kerap mengonsumsi pakan bijian akan mudah mengotori air minumnya.
2. Memandikan lovebird hingga basah
Sudah bukan rahasia lagi kalau lovebird yang selalu mandi basah mudah terpancing birahinya, sehingga makin rajin berkicau.
Memandikan lovebird hingga basah kuyup bisa dilakukan dengan cara disemprot menggunakan sprayer mandinya. Penyemprotan bisa dimulai dari bagian ekor dulu, kemudian perlahan naik ke atas sampai bagian dada, punggung, dan sayapnya.
Hindari menyemprot bagian paruhnya, terutama dekat cere atau lubang hidung. Hal ini untuk menghindari risiko air masuk ke dalam lubang hidung. Jika diperlukan, semprot saja bagian belakang kepalanya.
3. Menjemur di bawah sinar matahari
Penjemuran secara teratur dan pada waktu yang tepat bisa membantu mendongkrak birahi lovebird. Penjemuran sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau saat matahari terbit sampai waktu siang hari.  Durasi penjemuran biasanya sekitar 2 jam,dimulai pukul 07.00 hingga 09.00.
4. Memancing lovebird agar mau bunyi
Meningkatkan birahi lovebird juga bisa dilakukan dengan cara memancingnya agar mau bunyi. Banyak metode yang bisa dilakukan di sini, misalnya memutarkan audio masteran, menggunakan perlengkapan khusus, dan lain-lain.

Thanks for reading & sharing Forum Hobi Burung

Previous
« Prev Post