Solusi Burung Peliharaan Terbaik Di Indonesia
Home » » Resep Pakan Agar Kenari Gacor

Resep Pakan Agar Kenari Gacor

Untuk membuat burung kenari rajin berbunyi (gacor), atau mempertahankan kondisi gacor, banyak hal yang bisa dilakukan terkait dengan perawatannya. Mulai dari mandi dan jemur, hingga pemberian pakan biji-bijian, sayuran, buah, dan extra fooding (EF) lainnya. 

Resep pakan tertentu bisa membuat kenari makin gacor. Resep lainnya bisa membuat suaranya bening / kristal. Kali ini, Om Kicau akan berbagi resep pakan agar kenar lebih gacor dan / atau suaranya menjadi bening.

yang mana kesemuanya tersebut adalah dalam rangka menjadikan burung kenari tersebut tetap selalu dalam kondisi dan stamina yang sangat fit sehingga dengan demikian burung kenari yang sehat akan lebih mudah dan rajin berkicau. 

Selain dari pemberian pakan dan perawatan harian, jangan lupakan juga vitamin tambahan untuk membantu mereka melewati hari-harinya dengan kondisi yang lebih segar dan bisa bertahan dari gangguan suhu atau cuaca.


elama ini, kita sering memberikan pakan tambahan seperti telur puyuh rebus yang diyakini dapat membuat kenari bertambah rajin berbunyi. Kuning telur memang bisa merangsang kenari untuk bernyanyi.

Tetapi satu hal yang perlu diingat, kenari juga membutuhkan variasi menu makanannya. Selain agar burung tak bosan, juga untuk memperkaya kelengkapan gizinya. Kuning telur jelas menu bergizi, tetapi lebih afdol jika diberi variasi lain untuk menutup beberapa kandungan yang tak dimiliki bahan pakan tersebut.

Karena itu, beberapa penggemar kenari kemudian memberikan variasi lain seperti buah-buahan dan sayuran hijau. Bisa juga membuat pakan racikan sendiri, seperti yang akan dijelaskan dalam artikel ini.

Resep pakan agar kenari makin gacor
Berikut ini resep pakan untuk kenari agar lebih rajin berkicau / bertambah gacor.
  • 1 butir telur puyuh rebus (ambil kuningnya saja)
  • 1 sendok teh mentega
  • 1 sendok teh madu
  • 1 sendok poppy seed
  • 1 iris biskuit bayi
Catatan FHB Mania:
  • Poppy seed banyak digunakan sebagai tambahan resep untuk bahan makanan seperti kue / roti. Biji-bijian ini berasal dari tanaman candu / opium.
  • Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan (bertentangan dengan hukum di negeri ini), sebagaimana penggunaan hemp seed (fumayin) yang masih pro-kontra, sebaiknya poppy seed diganti dengan bijian lain seperti niger seed .
  • Kandungan protein poppy seed dan niger seed hampir sama (18%). Adapun kandungan lemak niger seed 40%  (poppy seed 45%), alias tidak terpaut jauh.
Proses pembuatan :
Proses pembuatan resep pakan ini relatif sederhana. Semua bahan yang disebutkan diatas dicampur jadi satu dalam wadah, kemudian diaduk-aduk hingga benar-benar merata. Setelah itu langsung diberikan kepada burung kenari peliharaan Anda.

Namun, mengingat kandungan protein dan karbohidrat pada pakan ini terlalu tinggi, maka dianjurkan tidak memberikannya dalam jumlah terlalu banyak.

Jadi berikan porsi secukupnya saja, sekitar 1/2 sendok teh setiap hari. Silakan dipantau dulu perkembangannya. Kalau belum ada perubahan signifikan mengenai tingkat kegacorannya, porsi dapat dinaikan menjadi 1 sendok teh setiap harinya.

Semoga Bermanfaat.....

Thanks for reading & sharing Forum Hobi Burung

Previous
« Prev Post